Senin, 14 Juli 2008

New Age Education System

Keinginan apakah yang membuat kita tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? Apakah hanya semata-mata untuk mendapatkan gelar? Atau untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik?

Ehm... Jawabannya yang "UMUM" adalah untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, rite? Tapi apakah pendidikan yang lebih tinggi menandakan kehidupan kita akan semakin baik? hehehe.. Membingungkan

Dari benak selalu muncul pertanyaan, akankah mereka berhasil setelah menyelesaikan kuliah? Atau mereka akan semakin terbebani dengan segudang gelar yang mereka dapatkan? Bagaimana nasib gelar-gelar mereka?

Sebagai seorang pendidik, selalu muncul juga pertanyaan "Apa sebenarnya korelasi (hubungan) antara pendidikan dengan penghasilan?" Apakah orang yang hanya tamatan SMA penghasilannya lebih rendah daripada yang tamatan Strata 1 (S1) atau orang tamatan S1 penghasilannya pasti lebih rendah daripada orang yang tamatan S2. Jawabannya tentu "Tidak", bukan?

Sangat tidak bertanggung jawab bagi seorang pendidik bila tidak mampu  memberikan kepastian kehidupan yang lebih baik bagi didikannya. 

Akan menjadi benar "pendidikan adalah alat untuk mengentas kemiskinan bila setiap lembaga pendidikan mampu bertanggung jawab atas masa depan para didikannya."

Merdeka!

Tidak ada komentar: